Mengenal Lancer Evo X yang dikendarai Dul saat kecelakaan

Posted on Sep 9 2013 - 4:24pm by tulisartikel

Mengenal Lancer Evo X yang dikendarai Dul saat kecelakaan

Tulisartikel – Abdul Qodir Jaelani alias Dul (13), putra bungsu musisi Ahmad Dhani menjadi pemicu kecelakaan di Tol Jagorawi yang menewaskan 6 orang. Belum punya SIM, usia di bawah umur, Dul mengendarai mobil Mitsubishi Lancer Evolution X lansiran 2010. Mobil ini dikenal sebagai salah satu andalan pebalap di seri reli dunia dengan kemampuan mesin yang gahar.

“Lancer Evolution, tahun pembuatan 2010,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto melalui pesan singkat, Senin (9/9).

Setelah kecelakaan, mobil berwarna hitam dengan pelat B 80 SAL itu ringsek karena terbalik di km 8.200 Tol Jagorawi. Hasil olah TKP, kecepatan mobil saat menabrak mencapai 105,8 km/jam. Dul dan Noval yang berada di dalam mobil selamat berkat serangkaian airbag dan fitur keselamatan yang dimiliki mobil itu.

Seperti apa spesifikasi mobil itu? Berikut penelusuran merdeka.com dari berbagai sumber:

Mitsubishi Lancer Evolution X merupakan generasi kesepuluh dari seri Lancer Evolution. Seri Evolution atau yang sering disingkat Evo pertama kali muncul tahun 1992. Sukses besar dicapai pebalap asal Finlandia Tommi Makinen di ajang World Rally Championship yang menjadi juara berturut-turut dari tahun 1996 hingga 1999 dengan menggunakan Evo seri IV, seri V, dan seri VI.

Soal mesin, seri Evo diklaim merupakan sedan yang gahar, baik di medan reli dan di jalan raya. Seri Evo X dikembangkan sejak tahun 2005 dan puncaknya diluncurkan pada tahun 2007 di pasar Eropa dan Amerika. Sedangkan di Indonesia, mobil ini diluncurkan resmi melalui The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS) pada bulan Juli 2008.

Tampilannya membuat kagum, terutama para pria. Desainnya memang diciptakan untuk mengakomodasi tujuan utamanya, melaju dengan kecepatan setinggi mungkin.

Hal ini terlihat jelas dari Inverted Slant-nose atau hidung hiu yang menjadi ciri utamanya. Over fender di bagian samping depan dan spoiler di bagian belakang berfungsi untuk mengontrol laju aliran udara (airflow) di atas permukaan kendaraan.

Meski tetap mengusung mesin berkapasitas 2 liter, Evo X sudah dilengkapi teknologi DOHC 16 Valve MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) plus Intercooler-turbocharger. Tenaga yang dihasilkan mencapai 291 HP pada 6.500 rpm. Yang bikin ngeri adalah torsi maksimumnya mencapai 366 Nm pada 3500 rpm.

Berbagai teknologi canggih juga dibenamkan di mobil ini. Sistem transmisi menggunakan Twin Clutch Super Shift Transmission 6-speed automated manual transmission. Transmisi ini bisa digunakan dengan tiga model level kecepatan dan respon akselerasi yang berbeda; Normal, Sport dan Super Sport.

Untuk fitur keselamatan, Lancer Evo X sudah dilengkapi dengan ABS dengan EBD, brake assist, sabuk pengaman yang dilengkapi fitur pretensioner dan force limiter. Selain itu juga dua airbag di depan dan RISE (Reinforced Impact Safety Evolution).

Saat diluncurkan pada 2008, mobil ini ditawarkan dengan harga yang tidak murah, Rp 875 juta. Di pasaran mobil bekas, Evo X masih dihargai Rp 650 juta tergantung kondisi.(Merdeka.com)

About the Author

Leave A Response